Pengambilan
keputusan adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini
diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternative,
pengambilan keputusan secara universal didefinisikan sebagai pemilihan diantara
berbagai alternative.
Pengambilan
keputusan pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah yang menghalangi
atau menghambat tercapainya tujuan. Agar masalah dapat dipecahkan, terlebih
dahulu harus dikenali apa masalahnya.
Contoh kasus yang
di jabarkan adalah sebagai berikut
Didalam sebuah
perusahaan terdapat manajemen pemasaran, manajer pemasaran tau bagaimana produk
yang perusahaan miliki target pencapaian yang harus terpenuhi oleh karena itu
manajer pemasaran harus bisa tepat dalam memasarkan produknya.
Banyak keputusan
yang harus diambil oleh seorang manajer pemasaran agar perusahaannya dapat
mendapatkan untung dan tidak mengalami kerugian karena salah dalam melihat
kondisi pasar dan minat konsumen. Setiap orang dapat membuat keputusan, akan
tetapi dampak keputusan yang ditimbulkan berbeda-beda. Ada yang sempit dan ada
pula yang luas ruang lingkup yang terkena dampak atau pengaruh tersebut
Dari pembahasan
tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengambilan keputusan yaitu suatu
tindakan yang sengaja, tidak secara kebetulan dan tidak boleh sembarangan dalam
rangka memecahkan masalah yang dihadapi suatu organisasi. Dimana pengambilan
keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh pimpinan organisasi yang
bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang baik itu sangat dibutuhkan
informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti masalah, penyelesaian
masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil.
0 komentar:
Posting Komentar