A. Pasar Output
1. Pengertian Pasar
Output
Pasar output adalah pasar tempat barang/ jasa
diper-dagangkan. Pasar output atau yang biasa disebut pasar saja merupakan
tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga bisa berinteraksi untuk
membentuk harga keseimbangan.
2. Struktur pasar
Struktur pasar adalah beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar. Faktor-faktor
tersebut adalah:
v
Jumlah perusahaan yang berada di pasar
v
Skala produksi
v
Banyaknya pembeli
v
Biaya memasuki pasar
v
Informasi mengenai keadan pasar
v
Mudah tidaknya memasuki pasar
3. Jenis-jenis Struktur Pasar
Jenis struktur pasar dibagi menjadi tiga jenis:
a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna
merupakan bentuk sempurna sebuah pasar. Ciri-cirinya:
v
Pembeli dan penjual sangat banyak.
v
Perusahaan menjual produk yang standar atau
memiliki tingkat homogenistas yang sangat tinggi.
v
Penjual dan pembeli memperoleh informasi yang
sempurna mengenai kondisi pasar.
v
Perusahaan dan sumber daya produksi bebas bergerak.
v
Perusahaan dapat keluar dari pasar atau masuk ke
pasar dengan sangat mudah.
b. Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang
terdiri dari satu penjual yang melayani permintaan yang sangat banyak dan
produk yang dijual tersebut tidak memiliki subsidi. Sebab-sebab terjadinya
monopoli:
v
Monopoli sumber daya
v
Monopoli Ciptaan Pemeritah
v
Monopoli Alamiah
c. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolisik
merupakan pasar yang nyata nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pasar
persaingan monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian lagi ciri pasar
persaingan sempurna. Pasar monopolistik merupakan suatu struktur pasar di mana
terdapat banyak perusahaan yang menjual produk produk sejenis, tetapi
bervariasi berdasarkan merek.
d. Oligopoli (Duopoli)
Pasar oligopoli adalah struktur
pasar di mana terdapat sedikit perusahaan saja yang menjual produk- produknya
yang identik satu sama lain. Bentuk paling sederhana dari oligopoli adalah
duooli, yaitu hanya ada dua perusahaan yang berada di pasar guna melayani
permintaan konsumen. Dalam pasar oligopoli perusahaan dapat menentukan sendiri
harga produknya. Pasar oligopoli ditandai oleh beberapa produsen yang menguasai
pasar. Dalam pasar oligopoli terdapat ketergantungan terhadap perusahaan lain.
Artinya tindakan suatu perusahaan dalam pasar oligopoli haruslah memperhatikan
tindakan yang diambil oleh pesaing. Terdapat beberapa model dalam pasar
oligopoli. Yang pertama yaitu kolusi, pengertiannya adalah persetujuan
antarperusahaan dalam industri untuk membagi-bagi pasar dan menetapkan harga. Kedua kepemimpinan harga, merupakan bentukkolusi informal (tidak resmi) atau
diam-diam yang terjadi pada ndustri yang memiliki kepemimpinan harga.
B. Pasar Input
Pasar Input adalah pasar yang tempagt berinteraksinya
permintaan dan penawaran input atau sumber daya produksi. Sumber daya produksi
tersebut meliputi:
1. Tanah
Tanah merupakan input yang sangat penting dalam berproduksi.
Segala sesuatu yang akan diproduksi membutuhkan tanah. Dalam memakai tanah
terdapat balas jasa yang harus dibayar atas pemakaian tanah tersebut, hal ini
disebut juga rente tanah atau sewa tanah yaitu harga atau balas jasa yang harus
dibayar untuk enggunaan tanah atau sumber daya alam lainnya yang jumlah
penawarannya tetap tidak bertambah.
2. Pasar Tenaga Kerja
Pasar tenaga kerja adalah pasar yang mempertemukan
permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga bisa dicapai harga keseimbangan
tenaga kerja atau biasa disebut upah.
a.
Sisi Penawaran Tenaga Kerja
Penawaran tenaga kerja adalah
jumlah tenaga kerja yang mau dan mampu melaksanakan pekerjaan tertentu dengan
mendapat balas jasa. Ciri cirinya adalah sebagai berikut.
v
Faktor tenaga kerja adalah manusia sehingga
perlu diperlakukan layaknya manusia.
v
Penawaran tenaga kerja bersifat inelastis.
v
Penawaran tenaga kerja beraneka ragam.
b.
Sisi Permintaan Tenaga Kerja
Permintaan terhadap tenaga kerja
berasal dari dunia bisnis. Tenaga kerja tersebut diminta karena diperlukan.
Artinya tenaga kerja diminta karena ada permintaan terhadap barangdan jasa.
Dengan demikian permintaan terhadap tenaga kerja merupakan permintaan turunan
dari permintaan terhadap barang dan jasa.
c.
Keseimbangan Pasar Tenaga Kerja
Pertemuan antara permintaan dan
penawaran tenagakerja terjadi di pasar tenaga kerja. Selintas pertemuan
permintaan tenaga kerja dengan penawaraban tenaga kerja akan mudah
terjadi. Bahkan, pasar tenaga kerja tersebut tidak betbeda dengan pasar pasar
lainnya. Pasar tenaga kerja sanga tidak sempurna sehingga tidak bisa
dengan mudah mempertemukan permintaan dengan penawaran tenaga kerja.
3. Modal
Sumber daya modal adalah barang-barang (sarana) yang dapa
digunakan untuk menghasilkan barang lain.
a. Permintaan Modal
Permintaan modal biasanya berasal
dari dunia usaha. Dunia usaha memerlukan modal untuk membangun. Permintaan
modal juga biasanya dari individu.
b. Penawaran
Modal
Penawaran modal biasanya berasal
dari beberapa pihak. Perbankan merupakan salah satu pihak yang menawarkan modal
kepada masyarakat, selain itu ada juga asuransi dan perorangan dengan balasan berupa bunga.
4. Keahlian Pengusaha
Pengusaha adalahrang yang menjalankan usaha jual-beli atau
memproduksi barang/jasa dengan tujuan mencari laba. Laba yang diperoleh
pengusaha disebut laba normal atau laba imbalan yang diterima pengusaha
agar ia tetap tetap mau berusaha dibidang tertentu atau biasa disebut biaya implisit
dan laba ekonomis, yaitu jumlah lebih dari harga normal.
0 komentar:
Posting Komentar